Kamis, 21 Maret 2019

, ,

Akhir Zaman : Fitnah Terdahsyat sepanjang sejarah kehidupan manusia


Akhir Zaman : Fitnah Terdahsyat sepanjang sejarah kehidupan manusia 

Nabi Muhammad adalah utusan Kepada seluruh umat manusia dan jin. Risalah beliau menutup dan melengkapi seluruh risalah para nabi dan rosul seblumnya, setelah beliau wafat tidak akan ada lagi nabi dan risalah baru. oleh karenanya umat beliau adalah umat manusia yang terakhir, umat beliau adalah penutup seluruh umat manusia, sejak zaman nabi adam hingga zaman nabi isya AS. Setelah umat ini tidak aka nada lagi umat manusia baru, berakhirnya masa kehidupan umat ini berarti berakhirnya kehidupan dunia, dan umat manusia akan mengalami peristiwa dahsyat yang dinamakan kiamat, dan setelah kiamat yang mengakhiri kehidupan dunia ini terjadi, umat manusia akan memasuki fase kehidupan baru yang bernama kehidupan akherat.
Dalam berbagai kesempatan, Rosulullah seringkali mengingatkan kepada umatnya akan terjadi berbagai kekacauan, fitnah, dan bencana sampai terjadinya hari kiamat, namun di antara berbagai fitnah yang di nubuwatkan oleh rosulullah, tidak ada satu fitnahpun yang lebih berbahaya, lebih dahsyat dan lebih keras efeknya daripada fitnah dajjal. 

Sebagaimana yang di sabdakan oleh rosulullah Alaihi salam. :

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Sejak penciptaan Adam sampai hari Kiamat tidak ada satu makhluk yang lebih besar fitnahnya (menjadi ujian bagi manusia pen.) daripada Dajjal.” (HR. Muslim).

setiap Nabi yang diutus, mengingatkan umatnya tentang fitnah Dajjal.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا بُعِثَ نَبِيٌّ إِلَّا أَنْذَرَ أُمَّتَهُ الأَعْوَرَ الكَذَّابَ، أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

Tidaklah diutus seorang nabi, melainkan dia mengingatkan kaumnya tentang si buta sebelah, sang pendusta. Ketahuilah Dajjal itu buta sebelah dan Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis: Kafir” (HR. Bukhari 7131).

Saat Dajjal keluar, jangan sesekali mencoba mendekat. Meski kita memandang ilmu dan iman sudah dirasa cukup. Karena syubhat yang dimunculkan Dajjal, sangat berbisa dan teruji menggoncang iman. Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda :

من سمع بالدجال فلينأ عنه فوالله إن الرجل ليأتيه وهو يحسب أنه مؤمن فيتبعه مما يبعث به من الشبهات أو لما يبعث به من الشبهات هكذا قال.

Siapa yang mendengar keberadaan Dajjal, hendaknya dia menjauh darinya. Sungguh demi Allah ! Ada seorang mendatanginya dalam keadaan dia mengira bahwasanya dia itu beriman, namun pada akhirnya dia pmalah menjadi pengikutnya, disebabkan syubhat-syubhat yang dia sampaikan.” (HR. Ahmad).

Agar terhindar dari Fitnah dajjal 

1.       Kenali Cirinya
Sebagaimana  Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ إِنَّهُ أَعْوَرُ، وَإِنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ، وَإِنَّ بَيْنَ عَيْنَيْهِ مَكْتُوبٌ كَافِرٌ

Kenalilah Dajjal itu matanya buta sebelah, sementara Tuhan kalian tidak buta sebelah. Diantara dua matanya tertulis : كَافِرٌ (Kafir). ” (HR. Bukhari 7131).

2.       Hafalkan 10 Ayat pertama Surah Al Kahfi
فَمَنْ أَدْرَكَهُ مِنْكُمْ، فَلْيَقْرَأْ عَلَيْهِ فَوَاتِحَ سُورَةِ الْكَهْفِ

Siapa diantara kalian yang menjumpainya, maka bacalah dihadapannya pembukaan surat Al-Kahfi… (HR. Muslim).
Dalam hadis Abu Darda’ radhiyallahu’anhu Nabi shallallahualaihi wa sallam menjelaskan,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan yang lainnya).

3.      rutinkan membaca doa ini setelah selesai tasyahhud akhir, sebelum salam.

إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ ، يَقُولُ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

4.      masuklah ke salah satu dua tanah suci, Makkah atau Madinah.

Terakhir  Bahwa kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jum’at

Berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة

Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam dimasukkan ke surga; di hari itu pula, Adam dikeluarkan dari surga; dan kiamat tidak akan terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.r. Muslim, Ahmad, dan Turmudzi)

Jum'at 22 Maret 2019
Created By : Khotibul Umam















0 Comments:

Posting Komentar