Al-Hafidz Ibnu
Hajar Al Asqolani
(
Lahir: 773 H. - Wafat: 852 H. )
oleh : Khotibul Uemam
1. Nama dan Nashab
Beliau
bernama Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad
bin Hajar Al-Kannani Al-Asqalani Al-Mishri. (Lihat Nazhm Al-‘Uqiyaan Fi A’yaan Al-A’yaan, karya As-Suyuthi hal
45)
2. Gelar dan Kunyah Beliau
Beliau seorang ulama besar madzhab Syafi’i, digelari
dengan ketua para qadhi, syaikhul islam, hafizh Al-Muthlaq
(seorang hafizh secara mutlak),
amirul mukminin dalam bidang
hadist dan dijuluki syihabuddin
dengan nama pangilan (kunyah-nya)
adalah Abu Al-Fadhl. Beliau juga dikenal dengan nama Abul Hasan Ali
dan lebih terkenal dengan nama Ibnu Hajar Nuruddin Asy-Syafi’i.
Guru beliau, Burhanuddin Ibrahim Al-Abnasi memberinya nama At-Taufiq
dan sang penjaga tahqiq.
3. Kelahirannya
Beliau
dilahirkan tanggal 12 Sya’ban tahun 773 Hijriah dipinggiran sungai Nil di Mesir
kuno. Tempat tersebut dekat dengan Dar An-Nuhas dekat masjid Al-Jadid. (Lihat Adh-Dahu’ Al-Laami’ karya imam As-Sakhaawi 2/36 no. 104 dan Al-badr
At-Thaali’ karya Asy-Syaukani 1/87 no. 51).
4. Perjalanan beliau dalam mencari ilmu
Perjalanan hidup al Hafizh sangatlah berkesan. Meski
yatim piatu, semenjak kecil beliau memiliki semangat yang tinggi untuk belajar.
Beliau masuk kuttab (semacam Taman Pendidikan al Qur’an) setelah genap berusia
lima tahun. Hafal al Qur’an ketika genap berusia sembilan tahun. Di samping
itu, pada masa kecilnya, beliau menghafal kitab-kitab ilmu yang ringkas, sepeti
al ‘Umdah, al Hawi ash Shagir, Mukhtashar Ibnu Hajib dan Milhatul I’rab.
Semangat dalam menggali ilmu, beliau tunjukkan dengan
tidak mencukupkan mencari ilmu di Mesir saja, tetapi beliau melakukan rihlah
(perjalanan) ke banyak negeri. Semua itu dikunjungi untuk menimba ilmu.
Negeri-negeri yang pernah beliau singgahi dan tinggal disana, di antaranya:
a.
Dua tanah haram, yaitu Makkah dan Madinah. Beliau tinggal di Makkah al
Mukarramah dan shalat Tarawih di Masjidil Haram pada tahun 785 H. Yaitu pada
umur 12 tahun. Beliau mendengarkan Shahih Bukhari di Makkah dari Syaikh al
Muhaddits (ahli hadits) ‘Afifuddin an-Naisaburi (an-Nasyawari) kemudian
al-Makki Rahimahullah. Dan Ibnu Hajar berulang kali pergi ke Makkah untuk
melakukah haji dan umrah.
b.
Dimasyq (Damaskus). Di negeri ini, beliau bertemu dengan murid-murid ahli
sejarah dari kota Syam, Ibu ‘Asakir Rahimahullah. Dan beliau menimba ilmu dari
Ibnu Mulaqqin dan al Bulqini.
c.
Baitul Maqdis, dan banyak kota-kota di Palestina, seperti Nablus, Khalil,
Ramlah dan Ghuzzah. Beliau bertemu dengan para ulama di tempat-tempat tersebut
dan mengambil manfaat.
d.
Shana’ dan beberapa kota di Yaman dan menimba ilmu dari mereka.
Semua ini, dilakukan oleh al Hafizh untuk menimba ilmu,
dan mengambil ilmu langsung dari ulama-ulama besar. Dari sini kita bisa
mengerti, bahwa guru-guru al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqlani sangat banyak, dan
merupakan ulama-ulama yang masyhur. Bisa dicatat, seperti: ‘Afifuddin
an-Naisaburi (an-Nasyawari) kemudian al-Makki (wafat 790 H), Muhammad bin ‘Abdullah
bin Zhahirah al Makki (wafat 717 H), Abul Hasan al Haitsami (wafat 807 H),
Ibnul Mulaqqin (wafat 804 H), Sirajuddin al Bulqini Rahimahullah (wafat 805 H)
dan beliaulah yang pertama kali mengizinkan al Hafizh mengajar dan berfatwa.
Kemudian juga, Abul-Fadhl al ‘Iraqi (wafat 806 H) –beliaulah yang menjuluki
Ibnu Hajar dengan sebutan al Hafizh, mengagungkannya dan mempersaksikan bahwa
Ibnu Hajar adalah muridnya yang paling pandai dalam bidang hadits-, ‘Abdurrahim
bin Razin Rahimahullah –dari beliau ini al Hafizh mendengarkan shahih al
Bukhari-, al ‘Izz bin Jama’ah Rahimahullah, dan beliau banyak menimba ilmu
darinya. Tercatat juga al Hummam al Khawarizmi Rahimahullah. Dalam mengambil
ilmu-ilmu bahasa arab, al Hafizh belajar kepada al Fairuz Abadi Rahimahullah,
penyusun kitab al Qamus (al Muhith-red), juga kepada Ahmad bin Abdurrahman
Rahimahullah. Untuk masalah Qira’atus-sab’ (tujuh macam bacaan al Qur’an),
beliau belajar kepada al Burhan at-Tanukhi Rahimahullah, dan lain-lain, yang
jumlahnya mencapai 500 guru dalam berbagai cabang ilmu, khususnya fiqih dan
hadits.
Jadi, al Hafizh Ibnu Hajar al Asqalani mengambil ilmu
dari para imam pada zamannya di kota Mesir, dan melakukakan rihlah (perjalanan)
ke negeri-negeri lain untuk menimba ilmu, sebagaimana kebiasaan para ahli
hadits.
Layaknya sebagai seorang ‘alim yang luas ilmunya, maka
beliau juga kedatangan para thalibul ‘ilmi (para penuntut ilmu, murid-red) dari
berbagai penjuru yang ingin mengambil ilmu dari beliau, sehingga banyak sekali
murid beliau. Bahkan tokoh-tokoh ulama dari berbagai madzhab adalah murid-murid
beliau. Yang termasyhur misalnya, Imam ash-shakhawi (wafat 902 H), yang
merupakan murid khusus al Hafizh dan penyebar ilmunya, kemudian al Biqa’i
(wafat 885 H), Zakaria al-Anshari (wafat 926 H), Ibnu Qadhi Syuhbah (wafat 874
H), Ibnu Taghri Bardi (wafat 874 H), Ibnu Fahd al-Makki (wafat 871 H), dan
masih banyak lagi yang lainnya
5. Guru-gurunya
Imam as-sakhawi membagi guru beliau menjadi tiga
klasifikasi:
a. Guru yang beliau dengar hadistnya walaupun hanya satu
hadist
b. Guru yang memberikan ijazah kepada
beliau
c. Guru yang beliau ambil ilmunya secara
mudzkarah atau mendengar darinya khutbah atau karya ilmiahnya.
Guru
beliau mencapai lebih dari 640an orang, sedangkan Ibnu Khalil Ad-Dimasyqi dalam
kitab Jumaan Ad-Durar membagi
para guru beliau dalam tiga bagian juga dan menyampaikan jumlahnya 639 orang.
Dalam kesempatan ini kami hanya menyampaikan beberapa
saja dari mereka yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan keilmuan
beliau agar tidak terlalu panjang biografi beliau ini.
Diantara
para guru beliau tersebut adalah:
·
Syeikh
Ibrahim bin Ahmad bin Abdulwahid bin Abdulmu`min bin ‘Ulwaan At-Tanukhi
Al-Ba’li Ad-Dimasyqi (wafat tahun 800 H.) dikenal dengan Burhanuddin
Asy-Syaami. Ibnu Hajar belajar dan membaca langsung kepada beliau sebagian
Alquran, kitab Asy-Syathibiyah,
Shahih Al-Bukhari dan sebagian musnad dan Juz Al-Hadits. Syeikh Burhanuddin ini memberikan izin
kepada Ibnu Hajar dalam fatwa dan pengajaran pada tahun 796 H.
·
Syeikh Abu Hafsh Sirajuddin Umar bin Ruslaan bin Nushair bin Shalih
Al-Kinaani Al-‘Asqalani Al-Bulqini Al-Mishri (wafat tahun 805 H) seorang mujtahid, haafizh dan seorang ulama
besar. Beliau memiliki karya ilmiah,
diantaranya: Mahaasin Al-Ish-thilaah Fi
Al-Mushtholah dan Hawasyi ‘ala Ar-Raudhah serta lainnya.
·
Syeikh
Umar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Abdillah Al-Anshari Al-Andalusi
Al-Mishri (wafat tahun 804 H) dikenal dengan Ibnu Al-Mulaqqin. Beliau orang
yang terbanyak karya ilmiahnya dizaman tersebut. Diantara karya beliau: Al-I’laam Bi Fawaa`id ‘Umdah Al-Ahkam
(dicetak dalam 11 jilid) dan Takhrij
ahaadits Ar-Raafi’i (dicetak dalam 6 jilid) dan Syarah Shahih Al-Bukhari dalam 20 jilid.
·
Burhanuddin
Abu Muhammad Ibrahim bin Musa bin Ayub Ibnu Abnaasi (725-782 ).
·
Syeikh Izzuddin Muhammad bin Abu bakar bin Abdulaziz bin Muhammad bin
Ibrahim bin Sa’dullah bin Jama’ah Al-Kinaani Al-Hamwi Al-Mishri (Wafat tahun
819 H.) dikenal dengan Ibnu Jama’ah seorang faqih,
ushuli, Muhaddits, ahli kalam, sastrawan dan ahli nahwu. Ibnu
Hajar Mulazamah kepada beliau dari tahun 790 H. sampai 819 H.
·
Majduddin Abu Thaahir Muhammad bin Ya’qub bin Muhammad bin
Ibrahim bin Umar Asy-Syairazi Al-Fairuzabadi (729-827 H.). seorang ulama
pakar satra Arab yang paling terkenal dimasa itu.
·
Syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Abdurrazaaq
Al-Ghumaari 9720 -802 H.).
·
Zainuddin Abdurrahim bin Al-Husein bin Abdurrahman bin Abu
bakar bin Ibrahim Al-Mahraani Al-Iraqi (725-806 H. ).
·
Nuruddin abul Hasan Ali bin Abu Bakar bin Sulaimanbin Abu
Bakar bin Umar bin Shalih Al-Haitsami (735 -807 H.).
Selain
beberapa yang telah disebutkan di atas, guru-guru Ibnu Hajar, antara lain:
·
Al-Iraqi, seorang yang paling banyak menguasai bidang hadits
dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan hadits.
·
Al-Haitsami, seorang yang paling hafal tentang matan-matan.
·
Al-Ghimari, seorang yang banyak tahu tentang bahasa Arab dan
berhubungan dengan bahasa Arab.
·
A-Muhib bin Hisyam, seorang yang cerdas.
·
Al-Ghifari, seorang yang hebat hafalannya.
·
Al-Abnasi, seorang yang terkenal kehebatannya dalam mengajar
dan memahamkan orang lain.
·
Al-Izzu bin Jamaah, seorang yang banyak menguasai beragam
bidang ilmu.
·
At-Tanukhi, seorang yang terkenal dengan qira’atnya dan
ketinggian sanadnya dalam qira’at.
6.
Karya ibnu
hajar al asqolani
Murid beliau yang ternama imam As-Sakhaawi dalam kitab Ad-Dhiya’ Al-Laami’ menjelaskan bahwa
karya tulis beliau mencapai lebih dari 150 karya, sedangkan dalam kitab Al-Jawaahir wad-Durar disampaikan lebih
dari 270 karya.
Tulisan-tulisan
Ibnu Hajar, antara lain:
·
Ithaf Al-Mahrah bi Athraf Al-Asyrah.
·
An-Nukat Azh-Zhiraf ala Al-Athraf.
·
Ta’rif Ahli At-Taqdis bi Maratib Al-Maushufin bi At-Tadlis
(Thaqabat Al-Mudallisin).
· Taghliq At-Ta’liq.
· At-Tamyiz fi Takhrij Ahadits Syarh
Al-Wajiz (At-Talkhis Al-Habir).
· Ad-Dirayah fi Takhrij Ahadits
Al-Hidayah.
· Fath Al-Bari bi Syarh Shahih
Al-Bukhari.
· Al-Qaul Al-Musaddad fi Adz-Dzabbi an
Musnad Al-Imam Ahmad.
· Al-Kafi Asy-Syafi fi Takhrij Ahadits
Al-Kasyyaf.
· Mukhtashar At-Targhib wa At-Tarhib.
· Al-Mathalib Al-Aliyah bi Zawaid
Al-Masanid Ats-Tsamaniyah.
· Nukhbah Al-Fikri fi Mushthalah Ahli
Al-Atsar.
· Nuzhah An-Nazhar fi Taudhih Nukhbah
Al-Fikr.
· Komentar dan kritik atas kitab Ulum
Hadits karya Ibnu As-Shalah.
· Hadyu As-Sari Muqqadimah Fath
Al-Bari.
· Tabshir Al-Muntabash bi Tahrir
Al-Musytabah.
· Ta’jil Al-Manfaah bi Zawaid Rijal
Al-Aimmah Al-Arba’ah.
· Taqrib At-Tahdzib.
· Tahdzib At-Tahdzib.
· Lisan Al-Mizan.
· Al-Ishabah fi Tamyiz Ash-Shahabah.
· Inba’ Al-Ghamar bi Inba’ Al-Umur.
· Ad-Durar Al-Kaminah fi A’yan Al-Miah
Ats-Tsaminah.
· Raf’ul Ishri ‘an Qudhat Mishra.
· Bulughul Maram min Adillah Al-Ahkam.
· Quwwatul Hujjaj fi Umum Al-Maghfirah
Al-Hujjaj.
v Pengertian dan
istilah dalam ilmu musthalahul hadist
1. hadis secara
etimologi (bahasa) berarti al-jadid (baru, antonim kata qadim), al-khabar yang
berarti berita dan al-Qarib (dekat). Sedangkan secara terminologi hadis adalah segala ucapan, perbuatan,
ketetapan dan karakter Muhammad Saw setelah beliau diangkat menjadi Nabi.
2.
Menurut arti bahasa, khobar adalah berita , jadi khobar
memiliki arti yang hampir sama dengan hadist, karena tahdist (pembicaraan)
artinya tidak lain adalah ikhbar (pemberitaan), sedangkan secara terminologi
khobar ada beberapa pendapat, diantaranya “segala berita yang diterima adri
selain dari nabi SAW, sedangkan khobar dalam istilah ada beberapa pengertian :
a.
Khobar sama saja dengan hadist
b.
Berbeda dengan hadist, hadist adalah apa-apa yang datang
dari nabi, sedangkan khobar adalah apa –apa yang datang dari selain nabi
c.
Pengertiannya lebih luas dari hadist, karena hadist
adalah apa-apa yang datang dari nabi, sedangkan khobar adalah apa-apa yang
datang dari nabi ata selain dari nabi
3. Atsar secara bahasa adalah sisa dari sesuatu,
sedangkan secara istilah didalam nya terdapat dua pendapat :
a.
Persamaan dari hadist, yakni makna kedua nya sama
b. Yakni apa-apa
yang disandarkan kepada para sahabat, tabi’in dari perkataan dan perbuatan
4.
Matan secara bahasa berarti muka jalan atau tanah yang
keras dan tinggi, sedangkan secara istilah ialah hal tertentu berupa,
perkataan, perbuatan, ketetapan, sifat, sikap, atau respon yang disandarkan
pada rosululloh salallohu ‘alaihi wasallam. Contohnya :
إن الله طيبٌ لا يقبل إلا طيباً
وإن الله أمر المؤمنين بما أمر به المرسلين
Artinya :”sesungguhnya Alloh SWT itu
maha baik dan ia tidak menerima kecuali yang baik, dan sunguh, Alloh
memerintahkan orang beriman sebagaimana ia memerintahka para rosulnya”(Hr.
Muslim)[1]
5. Sanad atau
thoriq ialah jalan yang dapat menghubungkan matan hadist kepada nabi muhammad
shalolluhu ‘alaihi wa sallam, asnad dapat pula diartikan sebagai orang atau
pihak tertentu yang menyandarkan satu hal pada rosulloh shalollohu ‘alaihi
wasalam berupa perkataan, perbuatan, ketetapan, sifat, sikap atau responbeliau,
singkatnya adalah silsilah periwayat hadst hingga sampai pada rosululloh.
0 Comments:
Posting Komentar