Senin, 18 November 2013

Al-Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolani



Al-Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolani
( Lahir: 773 H. - Wafat: 852 H. )
oleh : Khotibul Uemam

1.  Nama dan Nashab
Beliau bernama Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Hajar Al-Kannani Al-Asqalani Al-Mishri. (Lihat Nazhm Al-‘Uqiyaan Fi A’yaan Al-A’yaan, karya As-Suyuthi hal 45)
2. Gelar dan Kunyah Beliau
Beliau seorang ulama besar madzhab Syafi’i, digelari dengan ketua para qadhi, syaikhul islam, hafizh Al-Muthlaq (seorang hafizh secara mutlak), amirul mukminin dalam bidang hadist dan dijuluki syihabuddin dengan nama pangilan (kunyah-nya) adalah Abu Al-Fadhl. Beliau juga dikenal dengan nama Abul Hasan Ali dan lebih terkenal dengan nama Ibnu Hajar Nuruddin Asy-Syafi’i. Guru beliau, Burhanuddin Ibrahim Al-Abnasi memberinya nama At-Taufiq dan sang penjaga tahqiq.

3. Kelahirannya
Beliau dilahirkan tanggal 12 Sya’ban tahun 773 Hijriah dipinggiran sungai Nil di Mesir kuno. Tempat tersebut dekat dengan Dar An-Nuhas dekat masjid Al-Jadid. (Lihat Adh-Dahu’ Al-Laami’ karya imam As-Sakhaawi 2/36 no. 104 dan Al-badr At-Thaali’ karya Asy-Syaukani 1/87 no. 51).
4.    Perjalanan beliau dalam mencari ilmu
Perjalanan hidup al Hafizh sangatlah berkesan. Meski yatim piatu, semenjak kecil beliau memiliki semangat yang tinggi untuk belajar. Beliau masuk kuttab (semacam Taman Pendidikan al Qur’an) setelah genap berusia lima tahun. Hafal al Qur’an ketika genap berusia sembilan tahun. Di samping itu, pada masa kecilnya, beliau menghafal kitab-kitab ilmu yang ringkas, sepeti al ‘Umdah, al Hawi ash Shagir, Mukhtashar Ibnu Hajib dan Milhatul I’rab.
Semangat dalam menggali ilmu, beliau tunjukkan dengan tidak mencukupkan mencari ilmu di Mesir saja, tetapi beliau melakukan rihlah (perjalanan) ke banyak negeri. Semua itu dikunjungi untuk menimba ilmu. Negeri-negeri yang pernah beliau singgahi dan tinggal disana, di antaranya:
a.       Dua tanah haram, yaitu Makkah dan Madinah. Beliau tinggal di Makkah al Mukarramah dan shalat Tarawih di Masjidil Haram pada tahun 785 H. Yaitu pada umur 12 tahun. Beliau mendengarkan Shahih Bukhari di Makkah dari Syaikh al Muhaddits (ahli hadits) ‘Afifuddin an-Naisaburi (an-Nasyawari) kemudian al-Makki Rahimahullah. Dan Ibnu Hajar berulang kali pergi ke Makkah untuk melakukah haji dan umrah.
b.       Dimasyq (Damaskus). Di negeri ini, beliau bertemu dengan murid-murid ahli sejarah dari kota Syam, Ibu ‘Asakir Rahimahullah. Dan beliau menimba ilmu dari Ibnu Mulaqqin dan al Bulqini.
c.        Baitul Maqdis, dan banyak kota-kota di Palestina, seperti Nablus, Khalil, Ramlah dan Ghuzzah. Beliau bertemu dengan para ulama di tempat-tempat tersebut dan mengambil manfaat.
d.       Shana’ dan beberapa kota di Yaman dan menimba ilmu dari mereka.
Semua ini, dilakukan oleh al Hafizh untuk menimba ilmu, dan mengambil ilmu langsung dari ulama-ulama besar. Dari sini kita bisa mengerti, bahwa guru-guru al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqlani sangat banyak, dan merupakan ulama-ulama yang masyhur. Bisa dicatat, seperti: ‘Afifuddin an-Naisaburi (an-Nasyawari) kemudian al-Makki (wafat 790 H), Muhammad bin ‘Abdullah bin Zhahirah al Makki (wafat 717 H), Abul Hasan al Haitsami (wafat 807 H), Ibnul Mulaqqin (wafat 804 H), Sirajuddin al Bulqini Rahimahullah (wafat 805 H) dan beliaulah yang pertama kali mengizinkan al Hafizh mengajar dan berfatwa. Kemudian juga, Abul-Fadhl al ‘Iraqi (wafat 806 H) –beliaulah yang menjuluki Ibnu Hajar dengan sebutan al Hafizh, mengagungkannya dan mempersaksikan bahwa Ibnu Hajar adalah muridnya yang paling pandai dalam bidang hadits-, ‘Abdurrahim bin Razin Rahimahullah –dari beliau ini al Hafizh mendengarkan shahih al Bukhari-, al ‘Izz bin Jama’ah Rahimahullah, dan beliau banyak menimba ilmu darinya. Tercatat juga al Hummam al Khawarizmi Rahimahullah. Dalam mengambil ilmu-ilmu bahasa arab, al Hafizh belajar kepada al Fairuz Abadi Rahimahullah, penyusun kitab al Qamus (al Muhith-red), juga kepada Ahmad bin Abdurrahman Rahimahullah. Untuk masalah Qira’atus-sab’ (tujuh macam bacaan al Qur’an), beliau belajar kepada al Burhan at-Tanukhi Rahimahullah, dan lain-lain, yang jumlahnya mencapai 500 guru dalam berbagai cabang ilmu, khususnya fiqih dan hadits.
Jadi, al Hafizh Ibnu Hajar al Asqalani mengambil ilmu dari para imam pada zamannya di kota Mesir, dan melakukakan rihlah (perjalanan) ke negeri-negeri lain untuk menimba ilmu, sebagaimana kebiasaan para ahli hadits.
Layaknya sebagai seorang ‘alim yang luas ilmunya, maka beliau juga kedatangan para thalibul ‘ilmi (para penuntut ilmu, murid-red) dari berbagai penjuru yang ingin mengambil ilmu dari beliau, sehingga banyak sekali murid beliau. Bahkan tokoh-tokoh ulama dari berbagai madzhab adalah murid-murid beliau. Yang termasyhur misalnya, Imam ash-shakhawi (wafat 902 H), yang merupakan murid khusus al Hafizh dan penyebar ilmunya, kemudian al Biqa’i (wafat 885 H), Zakaria al-Anshari (wafat 926 H), Ibnu Qadhi Syuhbah (wafat 874 H), Ibnu Taghri Bardi (wafat 874 H), Ibnu Fahd al-Makki (wafat 871 H), dan masih banyak lagi yang lainnya
5.      Guru-gurunya
Imam as-sakhawi membagi guru beliau menjadi tiga klasifikasi:
a.       Guru yang beliau dengar hadistnya walaupun hanya satu hadist
b.      Guru yang memberikan ijazah kepada beliau
c.       Guru yang beliau ambil ilmunya secara mudzkarah atau mendengar darinya khutbah atau karya ilmiahnya.
Guru beliau mencapai lebih dari 640an orang, sedangkan Ibnu Khalil Ad-Dimasyqi dalam kitab Jumaan Ad-Durar membagi para guru beliau dalam tiga bagian juga dan menyampaikan jumlahnya 639 orang.
Dalam kesempatan ini kami hanya menyampaikan beberapa saja dari mereka  yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan keilmuan beliau agar tidak terlalu panjang biografi beliau ini.
Diantara para guru beliau tersebut adalah:
·         Syeikh Ibrahim bin Ahmad bin Abdulwahid bin Abdulmu`min bin ‘Ulwaan At-Tanukhi Al-Ba’li Ad-Dimasyqi (wafat tahun 800 H.) dikenal dengan Burhanuddin Asy-Syaami. Ibnu Hajar belajar dan membaca langsung kepada beliau sebagian Alquran, kitab Asy-Syathibiyah, Shahih Al-Bukhari dan sebagian musnad dan Juz Al-Hadits. Syeikh Burhanuddin ini memberikan izin kepada Ibnu Hajar dalam fatwa dan pengajaran pada tahun 796 H.
·         Syeikh Abu Hafsh Sirajuddin Umar bin Ruslaan bin Nushair bin Shalih Al-Kinaani Al-‘Asqalani Al-Bulqini  Al-Mishri (wafat tahun 805 H) seorang mujtahid, haafizh dan seorang ulama besar. Beliau memiliki karya ilmiah, diantaranya: Mahaasin Al-Ish-thilaah Fi Al-Mushtholah dan Hawasyi ‘ala Ar-Raudhah serta lainnya.
·         Syeikh Umar bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Abdillah Al-Anshari Al-Andalusi Al-Mishri (wafat tahun 804 H) dikenal dengan Ibnu Al-Mulaqqin. Beliau orang yang terbanyak karya ilmiahnya dizaman tersebut. Diantara karya beliau: Al-I’laam Bi Fawaa`id ‘Umdah Al-Ahkam (dicetak dalam 11 jilid) dan Takhrij ahaadits Ar-Raafi’i (dicetak dalam 6 jilid) dan Syarah Shahih Al-Bukhari dalam 20 jilid.
·         Burhanuddin Abu Muhammad Ibrahim bin Musa bin Ayub Ibnu Abnaasi  (725-782 ).
·         Syeikh Izzuddin Muhammad bin Abu bakar bin Abdulaziz bin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’dullah bin Jama’ah Al-Kinaani Al-Hamwi Al-Mishri (Wafat tahun 819 H.) dikenal dengan Ibnu Jama’ah seorang faqih, ushuli, Muhaddits, ahli kalam, sastrawan dan ahli nahwu. Ibnu Hajar Mulazamah kepada beliau dari tahun 790 H. sampai 819 H.
·         Majduddin Abu Thaahir Muhammad bin Ya’qub bin Muhammad bin Ibrahim bin Umar  Asy-Syairazi Al-Fairuzabadi (729-827 H.). seorang ulama pakar satra Arab yang paling terkenal dimasa itu.
·         Syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin ‘Ali bin Abdurrazaaq Al-Ghumaari 9720 -802 H.).
·         Zainuddin Abdurrahim bin Al-Husein bin Abdurrahman bin Abu bakar bin Ibrahim Al-Mahraani Al-Iraqi (725-806 H. ).
·         Nuruddin abul Hasan Ali bin Abu Bakar bin Sulaimanbin Abu Bakar bin Umar bin Shalih Al-Haitsami (735 -807 H.).
Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, guru-guru Ibnu Hajar, antara lain:
·         Al-Iraqi, seorang yang paling banyak menguasai bidang hadits dan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan hadits.
·         Al-Haitsami, seorang yang paling hafal tentang matan-matan.
·         Al-Ghimari, seorang yang banyak tahu tentang bahasa Arab dan berhubungan dengan bahasa Arab.
·         A-Muhib bin Hisyam, seorang yang cerdas.
·         Al-Ghifari, seorang yang hebat hafalannya.
·         Al-Abnasi, seorang yang terkenal kehebatannya dalam mengajar dan memahamkan orang lain.
·         Al-Izzu bin Jamaah, seorang yang banyak menguasai beragam bidang ilmu.
·         At-Tanukhi, seorang yang terkenal dengan qira’atnya dan ketinggian sanadnya dalam qira’at.
6.      Karya ibnu hajar al asqolani
Murid beliau yang ternama imam As-Sakhaawi dalam kitab Ad-Dhiya’ Al-Laami’ menjelaskan bahwa karya tulis beliau mencapai lebih dari 150 karya, sedangkan dalam kitab Al-Jawaahir wad-Durar disampaikan lebih dari 270 karya.

Tulisan-tulisan Ibnu Hajar, antara lain:
·           Ithaf Al-Mahrah bi Athraf Al-Asyrah.
·           An-Nukat Azh-Zhiraf ala Al-Athraf.
·           Ta’rif Ahli At-Taqdis bi Maratib Al-Maushufin bi At-Tadlis (Thaqabat Al-Mudallisin).
·  Taghliq At-Ta’liq.
·  At-Tamyiz fi Takhrij Ahadits Syarh Al-Wajiz (At-Talkhis Al-Habir).
·  Ad-Dirayah fi Takhrij Ahadits Al-Hidayah.
·  Fath Al-Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari.
·  Al-Qaul Al-Musaddad fi Adz-Dzabbi an Musnad Al-Imam Ahmad.
·  Al-Kafi Asy-Syafi fi Takhrij Ahadits Al-Kasyyaf.
·  Mukhtashar At-Targhib wa At-Tarhib.
·  Al-Mathalib Al-Aliyah bi Zawaid Al-Masanid Ats-Tsamaniyah.
·  Nukhbah Al-Fikri fi Mushthalah Ahli Al-Atsar.
·  Nuzhah An-Nazhar fi Taudhih Nukhbah Al-Fikr.
·  Komentar dan kritik atas kitab Ulum Hadits karya Ibnu As-Shalah.
·  Hadyu As-Sari Muqqadimah Fath Al-Bari.
·  Tabshir Al-Muntabash bi Tahrir Al-Musytabah.
·  Ta’jil Al-Manfaah bi Zawaid Rijal Al-Aimmah Al-Arba’ah.
·  Taqrib At-Tahdzib.
·  Tahdzib At-Tahdzib.
·  Lisan Al-Mizan.
·  Al-Ishabah fi Tamyiz Ash-Shahabah.
·  Inba’ Al-Ghamar bi Inba’ Al-Umur.
·  Ad-Durar Al-Kaminah fi A’yan Al-Miah Ats-Tsaminah.
·  Raf’ul Ishri ‘an Qudhat Mishra.
·  Bulughul Maram min Adillah Al-Ahkam.
·  Quwwatul Hujjaj fi Umum Al-Maghfirah Al-Hujjaj.

v  Pengertian dan istilah dalam ilmu musthalahul hadist
1.      hadis secara etimologi (bahasa) berarti al-jadid (baru, antonim kata qadim), al-khabar yang berarti berita dan al-Qarib (dekat). Sedangkan secara terminologi hadis adalah segala ucapan, perbuatan, ketetapan dan karakter Muhammad Saw setelah beliau diangkat menjadi Nabi.
2.      Menurut arti bahasa, khobar adalah berita , jadi khobar memiliki arti yang hampir sama dengan hadist, karena tahdist (pembicaraan) artinya tidak lain adalah ikhbar (pemberitaan), sedangkan secara terminologi khobar ada beberapa pendapat, diantaranya “segala berita yang diterima adri selain dari nabi SAW, sedangkan khobar dalam istilah ada beberapa pengertian :
a.    Khobar sama saja dengan hadist
b.    Berbeda dengan hadist, hadist adalah apa-apa yang datang dari nabi, sedangkan khobar adalah apa –apa yang datang dari selain nabi
c.    Pengertiannya lebih luas dari hadist, karena hadist adalah apa-apa yang datang dari nabi, sedangkan khobar adalah apa-apa yang datang dari nabi ata selain dari nabi
3.      Atsar  secara bahasa adalah sisa dari sesuatu, sedangkan secara istilah didalam nya terdapat dua pendapat :
a.    Persamaan dari hadist, yakni makna kedua nya sama
b.    Yakni apa-apa yang disandarkan kepada para sahabat, tabi’in dari perkataan dan perbuatan
4.         Matan secara bahasa berarti muka jalan atau tanah yang keras dan tinggi, sedangkan secara istilah ialah hal tertentu berupa, perkataan, perbuatan, ketetapan, sifat, sikap, atau respon yang disandarkan pada rosululloh salallohu ‘alaihi wasallam. Contohnya :
إن الله طيبٌ لا يقبل إلا طيباً وإن الله أمر المؤمنين بما أمر به المرسلين
Artinya :”sesungguhnya Alloh SWT itu maha baik dan ia tidak menerima kecuali yang baik, dan sunguh, Alloh memerintahkan orang beriman sebagaimana ia memerintahka para rosulnya”(Hr. Muslim)[1]
5.    Sanad atau thoriq ialah jalan yang dapat menghubungkan matan hadist kepada nabi muhammad shalolluhu ‘alaihi wa sallam, asnad dapat pula diartikan sebagai orang atau pihak tertentu yang menyandarkan satu hal pada rosulloh shalollohu ‘alaihi wasalam berupa perkataan, perbuatan, ketetapan, sifat, sikap atau responbeliau, singkatnya adalah silsilah periwayat hadst hingga sampai pada rosululloh.


                   







[1] Lihat, shahih muslim, bab:qobulis shadaqoh minal kasbit thayyib, no 2393

0 Comments:

Posting Komentar