Dari al-Qur’an
فَلاَ وَرَبِّكَ
لاَيُؤْمِنُونَ حَتَّى يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لاَ يَجِدُواْ
فِي أَنفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوا تَسْلِيمًا {65
Maka demi Rabbmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman
hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan,
kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang
kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS. 4:65)
وَلاَتَقْفُ
مَالَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ
أُوْلاَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً {36}
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai
pengetahuan tentangnya. sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati,
semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya. (QS. 17:36)
وَمَايَنطِقُ
عَنِ الْهَوَى {3} إِنْ هُوَ إِلاَّوَحْيٌ يُوحَى {4}
dan tiadalah yang diucapkannya
itu (al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain
hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya), (QS. 53:3-4)
DARI HADIST
عن أبى أمامة الباهلي رضي الله عنه قا ل : قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم
ما أصل قوم بعدي هدي كانوا عليه إلا أوتو الجدل , ثم تلا ( ما ضربوه لك إلا جدلا )
Dari
Abi Umamah Al Bahiliy Radiallahu anhu berkata : telah bersabda Rasulullah shallau
Alaihi wasallam :”Tidaklah suatu kaum akan tersesat setelah mendapat petunjuk,
kecuali apabila dikalangan mereka diberi kebiasaan berdebat, kemudai Rasulullah
membaca furman Allah { mereka tidak memberi perumpaan itui melainkan dengan
maksud membantah saja } “ Az zukhruf :58 “ { HR At Tirmidzi : 3250 ‘ Ibnu Majjah : 48 }
عن عا ئشة رضي الله عنها قالت , قال رسول الله
صلى الله عليه وسلم : إن أبغض الرجل إلي الله
الألدم الخيصم
Dari aisyah Radiallahu anha berkata < telah bersabda
Rasulullah shallahu alaihi wasallam :” orang yang paling dibenci oleh Allah
adalah orang yang keras hati lagi suka membantah { Hr Bukhari : 2457 , Muslim :
2668 }
PERKATAAN ULAMA
Abu Yusuf ( salah seorang murid
senior abi Hanifah ) berkata :
العلم با
لكلام هو الجهل , والجهل بالكلام هو العلم , وإذا صار
الرجل رأسا في الكلام قيا زنذيق , أو رمي بالزنذقة
Ilmu kalam
adalah kebodohan, tak mengenal ilmu kalam adalah ilmu, apabila seseorang sudah
jadi gembong ilmu kalam ,ia dikatakan dengan Zindiq ( munafiq ), atau tertuduh
dengan Zindiq. { tahdib
syarh aqidah at thawiyah : 396 }
Imam Ahmad
bin Hnbal berkata :
لا يفلح صاحب الكلام أبدا علماء الكلام
زنذقة
Tidak akan beruntung selama-lamanya
orang yang menekuni ilmu kalam, para tokoh ilmu kalam sama dengan orang Zindiq
( munafiq ). { Talbis Iblis : 96 }
s
Imam Syafi`I berkata :
حكمي في أهل الكلام أن يصربوا بالجريد
والنعال , ويطاف بهم في العشائر والقبائل , ويقال هذا جزاء من ترك الكتاب والسنة و
أقبل على الكلام
Hukumku
terhadap ahli kalam yaitu hendaknya merka dipukul dengan pelepah kurma dan
sandal , lalu diarak keliling kampung dan suku-suku,. Lalu diteriaki :’ inilah
balasan bagi orang yang meninggalkan Alqur`an dan as sunnah lalu berpaling
kepada ilmu kalam . { Tahdib Syarh aqidah at Thawiyah :397 }
Imam syafi`I berkata :
كل العلوم سوى القران مشغلة إلا الحديث و الفقه في الدين العلم ما كان فيه قال حدثنا وما سوى ذاك وسواس الشياطين
Setiap
ilmu selain al qur`an hanyalah menyibukan
kecuali ilmu hadist dan mendalami ad dien Ilmu iti
adalah yang terdapat didalamnya : qollah hadatsana ; ( telah menceritakan
hadist kepada kami ) selain dari itu
hanya bisikan syaithan belaka { Tahdib
Syarh aqidah at Thawiyah :397 }
Disusun Oleh : Uemam Arifin
0 Comments:
Posting Komentar